6 Keutamaan Puasa Senin Kamis Untuk Melatih Diri

puasa senin kamis
10.867 Views

Anda sering puasa senin kamis? Tahu apa keutamaan dari puasa ini? Merupakan amalan puasa sunah yang sangat dianjurkan, keutamaan puasa senin kamis memang luar biasa. Termasuk dalam hal melatih diri lebih baik, apa maksudnya?

Puasa senin kamis merupakan puasa sunah yang dikerjakan dua kali dalam seminggu. Tepatnya pada setiap hari Senin dan Kamis. Karenanya, terbiasa melaksanakan puasa ini dapat sedikit banyak mempengaruhi kepribadian seseorang.

Orang yang rutin berpuasa senin kamis biasanya menjadi pribadi yang terlatih. Di mana bukan hanya pahala yang didapatkan, melainkan juga hal-hal positif lainnya. Adapun berikut ini adalah beberapa keutamaannya dalam melatih diri:

  • Melatih Kesabaran

Puasa dapat membantu melatih kesabaran. Bukan hanya untuk tidak makan dan minum tetapi juga mengendalikan hawa nafsunya. Hal itu dapat pula membuat kemauan diri melakukan kegiatan bermanfaat jadi lebih meningkat.

  • Belajar Mendisiplinkan Diri

Percaya atau tidak, orang yang terbiasa puasa cenderung disiplin dalam segala hal. Pasalnya ia merasa semua tingkah lakunya diawasi oleh Allah SWT. sehingga tanpa sadar ia akan terlatih disiplin dan selalu mawas diri. Karenanya, Anda bisa juga menjadikan puasa sunah ini sebagai langkah untuk belajar lebih disiplin.

  • Terhindar dari Godaan Syaitan

Puasa sunah juga dapat menghindarkan Anda dari godaan setan. Sebab dengan manfaat kesabaran dan disiplin diri, Anda akan lebih bisa mengendalikan nafsu. Berpuasa akan meminimalkan keinginan Anda untuk berbuat maksiat.

Sebaliknya, puasa bisa membuat Anda lebih sadar untuk meningkatkan ibadah dan ketakwaan. Sehingga Anda pun terdorong untuk melakukan lebih banyak amalan shaleh.

  • Melembutkan Hati dan Meningkatkan Rasa Syukur

Saat puasa, rasa simpatik terhadap orang lain jadi makin meningkat. Terutama pada mereka yang dalam kondisi kurang beruntung. Hal tersebut tanpa disadari akan mendorong kita untuk bisa lebih bersyukur. Menjadikan diri lebih tahu cara mensyukuri nikmat dari Allah SWT.

  • Menjaga Kondisi Kejiwaan

Sering puasa dapat berpengaruh besar pada kondisi kejiwaan seseorang. Tidak percaya? Dengan berpuasa, pengendalian diri yang dimiliki bisa jadi lebih stabil. Hal itu meliputi emosi yang terkontrol, sabar dan mampu meredam nafsu.

Terlatih memiliki sikap-sikap tersebut sangat baik untuk kondisi kejiwaan Anda. Di mana penguasaan diri dapat mendorong jiwa seseorang menjadi lebih positif.

  • Menyehatkan Tubuh

Banyak ahli kesehatan menyatakan bahwa puasa baik agar tubuh sehat. Dan itu memang terbukti. Pasalnya dengan berpuasa, Anda dapat memberi waktu untuk sistem cerna beristirahat. Dan dengan begitu, tubuh bisa membersihkan diri dari racun. Juga memperbaiki sistem untuk nantinya dapat bekerja lebih baik.

Keutamaan puasa senin kamis memang sangat bermanfaat. Karenanya, itu tentu sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Maka dari itu pula, coba pertimbangkan lagi untuk membiasakan diri berpuasa senin kamis mulai saat ini.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *