Bawaslu Ajak Masyarakat Awasi Pemilu Jujur dan Adil Lewat Aplikasi

0
177
Bawaslu Ajak Masyarakat Awasi Pemilu Jujur dan Adil Lewat Aplikasi

Asisten Bidang Hukum Bawaslu RI Bachtiar Baital mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi Pemilu 2019 berjalan dengan jujur dan adil.

Caranya, melalui sebuah aplikasi bernama AyoJagaTPS.

Lewat aplikasi berbasis platform Android ini, masyarakat dapat mengawasi perolehan suara di tempat pemungutan suara (TPS) saat Pemilu 2019.

Aplikasi ini dibentuk sesimpel mungkin, tinggal download, dan daftar pakai NIK (nomor induk kependudukan).

Bawaslu menyadari tidak mungkin Bawaslu kerja sendiri untuk memastikan seluruh mekanisme berjalan dengan jujur dan adil. Maka dibutuhkan kolaborasi, seperti masyarakat dan kelompok masyarakat kritis dan organisasi yang concern dalam kepemiluan.

Bawaslu pun mengajak semua masyarakat terlibat. Tak hanya mencoblos pada 17 April 2019 mendatang, tapi juga ikut menjaga Tempat Pemungutan Suara (TPS) agar potensi terjadinya kecurangan bisa diminimalisir.

Bawaslu pun membuat gerakan #AyoJagaTPS. Penggunaan tagar dimaksudkan agar lebih banyak anak muda peduli dan ikut memastikan tak ada kecurangan di TPS lingkungan masing-masing.

“Berbicara dalam konteks tema kali ini #AyoJagaTPS sangat bagus, ini salah satu kegiatan para anak muda ikut partisipasi untuk mengawal Pemilu,” kata Bachtiar Baital, disela-sela acara diskusi santai bertajuk “AyoJagaTPS Untuk Pemilu Damai” di Citywalk Sudirman, Jakarta, Minggu (14/4).

Baital berharap, gerakan #AyoJagaTPS bisa membantu berjalannya Pemilu yang jujur, adil, bebas, dan transparan