Jenis Tanaman Paling Ampuh Usir Rayap di Rumah

95 Views

Untuk membasmi rayap di rumah orang lebih sering meminta bantuan ke penyedia jasa anti rayap. Selain lebih praktis, secara hasil pun sudah pasti lebih maksimal. Namun pernahkah Anda berpikiran untuk mengusir rayap sendiri di rumah?

Nah, untuk Anda yang kebetulan ada pikiran seperti itu, ada beragam pilihan cara yang bisa dipilih. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan beberapa tanaman yang memiliki kemampuan khusus.

Tanpa Anda sadari ternyata ada cukup banyak jenis tanaman yang sudah terbukti bisa dimanfaatkan untuk membasmi rayap. Salah satu hama yang memang sangat menjengkelkan. Memangnya apa saja tanaman pembasmi hama yang bisa dipilih?

Rumput Vetiver untuk Mengusir Rayap

Selama ini rumput vetiver ini lebih dikenal sebagai tanaman hias. Namun siapa sangka jika rumpu ini memiliki kemampuan untuk menjauhkan rayap dari tempat tinggal Anda. Hal ini berkat adanya senyawa kimia bernama nootkatone yang terkandung di dalamnya.

Senyawa ini sudah terbukti memiliki kemampuan untuk menangkal hama secara alami. Rayap adalah salah satunya. Utamanya rayap tanah atau subterranean termites. Dalam hal ini Anda bisa menanam rumput ini di area sekitar tempat yang dipenuhi rayap. 

Daun Mint untuk Mengusir Rayap

Pestisida alami lain yang bisa Anda manfaatkan untuk mengusir rayap adalah daun mint. Daun yang dikenal memiliki aroma yang sangat kuat. Aroma yang paling dibenci oleh rayap. Sehingga rayap akan segera menjauh dari daun mint ini.

Untuk penggunaannya sendiri, Anda bisa menanam daun mint ini di sekitar area rumah yang ada rayapnya. Tidak butuh waktu lama, koloni rayap pun akan pindah dengan suka rela. Salah satu cara mengusir rayap secara alami yang terbilang sangat efektif.

Geranium Beraroma untuk Mengusir Rayap

Geranium beraroma adalah tanaman pengusir rayap selanjutnya yang bisa Anda pilih. Cara kerja geranium beraroma dalam mengusir rayap ini pun terbulang cukup unik. Pasalnya aromanya justru sangat disukai oleh rayap.

Namun inilah yang merik. Sebab aroma dari geranium beraroma ini pun juga sangat disukai oleh beberapa hewan predator seperti kepik, belalang sentadu atau belalang sembah, laba-laba, lipan, dan lain sebagainya. Artinya rayap hanya memiliki dua pilihan. Pergi atau mati dimakan oleh hewan-hewan predator tersebut.

Catnip untuk Mengusir Rayap

Catnip atau yang sering juga disebut nepeta cataria juga termasuk jenis tanaman yang memiliki kemampuan mengusir rayap secara alami. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengusir rayap menggunakan catnip ini.

Cara yang pertama adalah dengan menanam catnip di area sekitar sarang rayap. Kemudian cara lain yang bisa Anda pilih adalah mengoleskan minyak esensial catnip ini di tempat yang diserang rayap.

Marigold untuk Mengusir Rayap

Tanaman warna-warni nan cantik ini tidak hanya berfungsi untuk menambah keindahan rumah Anda saja. Sebab tanaman hias bernama marigold ini juga efektif untuk mengusir rayap juga. Dengan demikian Anda akan mendapatkan keuntungan ganda jika menanam tanaman hias yang satu ini.

Pada dasarnya mengusir rayap di rumah adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Apalagi jika Anda belum bisa menemukan area mana saja yang diserang hama ini. Itulah kenapa ada baiknya untuk meminta bantuan ke jasa anti rayap saja.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *