Kemenkes: Ada 13 Jenis Penyakit Penyebab Meninggalnya Petugas KPPS di 15 Provinsi

0
404
Kemenkes: Ada 13 Jenis Penyakit Penyebab Meninggalnya Petugas KPPS di 15 Provinsi

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah melakukan investigasi penyebab kematian petugas pemilu di 15 provinsi. Sedikitnya 13 jenis penyakit dan 1 kecelakaan menjadi penyebab kematian petugas KPPS.

13 penyakit tersebut adalah infarct myocard, gagal jantung, koma hepatikum, stroke, respiratory failure, hipertensi emergency, meningitis, sepsis, asma, diabetes melitus, gagal ginjal, TBC, dan kegagalan multi organ.

“Kebanyakan usia korban meninggal di kisaran 50-59 tahun,” ungkap Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Oscar Primadi, Minggu (12/5).

Oscar mengatakan terkait jadwal petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) perlu dilihat terlebih dahulu jadwal padatnya seperti apa. Sebab, kata dia perlu pendalaman lebih lanjut dengan KPU. Meski demikian, pihaknya akan segera duduk bersama dengan KPU untuk membahas perencanaan pemilu mendatang.

“Nantinya kami akan bahas bersama KPU untuk perencanaan pemilu mendatang,” kata Oscar.

Ia berharap, ke depannya petugas pemilu yang dipekerjakan diupayakan memiliki kondisi kesehatan yang baik, lingkungan pekerjaan yang sehat, tidak merokok dan tidak terpapar asap rokok.

“Selain itu, ada ruangan yang cukup luas, ritme kerja dan jam kerja di atur dengan baik, serta memberikan porsi istirahat yang cukup,” jelas dia.

Adanya hasil temuan tersebut sekaligus membantah dan mematahkan isu yang beredar bahwa meninggalnya petugas KPPS akibat terkena racun.

Saat ini pihak aparat tengah memburu orang yang menyebarkan hoaks tersebut yang telah membuat resah masyarakat.