Kementan Dorong UMKM di Sektor Pertanian Hasilkan Produk Pangan Lokal

Kementan Dorong UMKM di Sektor Pertanian Hasilkan Produk Pangan Lokal
227 Views

Kementerian Pertanian (Kementan) akan terus mengembangkan dan memberdayakan UMKM pangan lokal, terutama yang bergerak di sektor pertanian.

Hal itu disampaikan Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo dalam cara talkshow Pangan Lokal Berbasis UMKM di Yogyakarta, Minggu (8/12/2019).

Menurutnya, SYL acara Gelar Pangan Lokal Berbasis UMKM ini sejalan dengan komitmen Presiden RI untuk mengembangkan dan memberdayakan UMKM, sehingga hasil dan kualitas produk olahan dari UMKM dapat meningkat.

Pemberdayaan meliputi diseminasi teknologi untuk efisiensi proses produksi dan mendekatkan UMKM terhadap akses pasar, serta memberikan akses modal dengan merintis kerjasama perbankan.

“Kami juga telah melakukan kerja sama untuk memberikan KUR (kredit usaha rakyat) kepada UMKM sektor pertanian sebesar Rp30 triliun. Langkah ini akan dilanjutkan dengan perbankan Iainnya untuk memperluas akses permodalan bagi UMKM sektor pertanian,” kata Mentan.

Upaya yang dilakukan Kementan tersebut, menurut SYL sangat strategis dan tidak akan berhasil tanpa dukungan dari seluruh pihak baik pemerintah daerah maupun lembaga perbankan dan pihak terkait lainnya.

“Peran penting pemerintah daerah untuk turut mendorong pengembangan UMKM juga harus ditingkatkan. Selain itu, kami mengharapkan pihak perbankan dapat terus memberikan kemudahan kepada UMKM dalam mengakses kredit, serta pihak swasta untuk dapat menumbuhkan kemitraan dengan UMKM dalam produksi, pengolahan dan pemasaran pangan lokal,” katanya.

Mentan juga mengatakan, pengembangan UMKM sangat penting, karena UMKM telah membuktikan dirinya di saat apapun negara ini, UMKM juga merupakan bagian yang menopang hadirnya negara yang survive, mampu bertahan dalam krisis, mampu bertahan dalam situasi apapun.

“Karena itu (pengembangan) UMKM yang ada harus menjadi tanggung jawab semua, bukan hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Koperasi, Kementerian Pertanian, tapi tanggung jawab kita semua,” kata Mentan.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *