Kivlan Zein dan Lieus Sungkharisma Dilaporkan ke Bareskrim Polri Atas Tuduhan Makar

19 Views

Polisi tengah mengkaji laporan atas nama Kivlan Zein dan Lieus Sungkharisma. Keduanya dilaporkan ke Bareskrim Polri atas tuduhan bohong dan makar.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menerangkan, laporan tersebut sedang dianalisis untuk selanjutnya diserahkan ke penyidik yang akan menangani.

“(Laporan) Sudah diterima Bareskrim tadi malam,” kata Dedi di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (8/5/2019).

“Laporan itu dugaan penghasutan kemudian mengajak untuk berbuat makar. Barang bukti yang dilampirkan pelapor adalah flashdisk isi ceramah,” imbuhnya.

Laporan terhadap Kivlan dilakukan oleh seorang wiraswasta bernama Jalaludin. Laporan tersebut telah diterima dengan nomor LP/B/0442/V/2019/BARESKRIM tertanggal 7 Mei 2019.

Sementara laporan terhadap Lieus dilakukan oleh Eman Soleman, yang juga merupakan seorang wiraswasta. Laporan dengan nomor LP/B/0441/V/2019/BARESKRIM tersebut tertanggal 7 Mei 2019.

Dedi menjelaskan, pelapor menyerahkan sebuah flashdisk berisi video Kivlan dan Lieus sedang berbicara di depan banyak orang. Pernyataan Kivlan dan Lieus diduga sarat makar.

“Flasdisk berisi ceramah itu dulu masih dianalisis dulu oleh analis Bareskrim,” ujarnya.

Keduanya lanjut Dedi, disangkakan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 14 dan/atau Pasal 15, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 107 jo Pasal 110 jo Pasal 87 dan/atau Pasal 163 bis jo Pasal 107.

Provokator, penghasut harus ditangani serius oleh aparat kepolisian karena selama ini mereka bebas berteriak dan menyulut amarah masyarakat. Mereka adalah kelompok pengacau kesatuan dan persatuan selama ini.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *