KPK Ajak Parpol Peserta Pemilu 2019 SepakKualitas Demokrasi Indonesia

0
87
KPK Ajak Parpol Peserta Pemilu 2019 SepakKualitas Demokrasi Indonesia
KPK Ajak Parpol Peserta Pemilu 2019 SepakKualitas Demokrasi Indonesia

Partai politik peserta Pemilu 2019 menyepakati komitmen Sistem Integritas Partai Politik (SIPP).

Penandatanganan itu diikuti oleh para pimpinan parpol didampingi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi 2018 di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Ketua KPK Agus Rahardjo berharap partai peserta Pemilu 2019 terus berkomitmen meningkatkan sistem integritas di internalnya.

“KPK mengajak seluruh parpol di Indonesia dan hari ini kita lihat komitmennya untuk hadir dan bersedia tanda tangan dan bersedia berjanji menegakkan terus menerus sistem integritas partai politik,” kata Agus.

Melalui kesepakatan ini, lanjut Agus menyebut bahwa parpol bisa berkontribusi lebih baik memperbaiki kualitas demokrasi Indonesia ke depannya.

“Mudah-mudahan teman-teman di parpol kemudian melaksanakan dengan tepat, kita berharap banyak pada mereka (parpol),” ujarnya.

Dalam penandatanganan itu dihadiri perwakilan partai diantaranya PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Hanura, PAN, PKPI, PSI, PPP, Nasdem, Garuda, Demokrat, Berkarya dan Perindo. Sementara PKS dan PBB tak terlihat menghadiri penandatanganan kesepakatan itu.

Menurut Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, dua parpol yang tidak datang dalam penandatanganan ini tak berarti keduanya tidak mendukung SIPP tersebut.

Sebab, kedua parpol tersebut dan 14 lainnya telah mendukung komitmen ini pada pertemuan dengan KPK sebelumnya. Febri mengatakan, KPK akan terus mendampingi parpol dalam implementasi SIPP tersebut ke depannya.

“Jadi termasuk parpol yang belum datang, tentu tetap akan diajak dan dilibatkan dalam upaya menyusun perbaikan ke depan bersama-sama,” katanya.