Membuat Disinfektan dengan Bahan yang Mudah Didapat dan Aman

membuat disinfektan
102 Views

Sebenarnya, sudah sangat mudah sekali untuk membeli bahan disinfektan yang sama seperti yang digunakan jasa penyemprot disinfektan. Meskipun demikian, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Memang agak sedikit repot namun Anda bisa tahu apa saja bahan yang digunakan.

Apalagi bahan-bahan utamanya mudah sekali didapatkan. Ada beberapa bahan yang mungkin sudah ada di dalam rumah Anda.

Yang perlu diperhatikan adalah keamanannya. Pasalnya, banyak sekali orang yang asal dalam membuat disinfektan. Dan ini bisa sangat berisiko terutama ketika terkena kulit atau mata.

Cara Membuat Disinfektan Sendiri dengan Bahan yang Aman

Tidak ada salahnya jika Anda membuat disinfektan sendiri di rumah. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Cairan Pemutih

Ini merupakan bahan utama yang digunakan untuk membuat disinfektan sendiri di rumah. Pasti di rumah sudah ada cairan pemutih, bukan?

Akan tetapi, jangan asal menggunakan cairan pemutih ya. Ada baiknya Anda cek dulu kandungan yang ada di dalamnya. Apakah ada kandungan sodium hipoklorit? Jika ya, itu cairan pemutih yang dibutuhkan.

  • Air Bersih

Cairan pemutih yang sudah Anda siapkan harus dilarutkan dalam air yang bersih. Nah, ini yang sangat penting. Ada takaran yang harus Anda ikuti. Perbandingan antara cairan pemutih dan air adalah 1:100.

Pastikan cairan pemutih dan juga air tercampur dengan sempurna. Jangan mengaduk dengan tangan. Gunakan alat lain seperti besi. Atau Anda bisa gunakan tangan untuk mencampurkan asalkan Anda sudah memakai kaos tangan dari bahan karet.

  • Masukkan ke Dalam Semprotan

Sekarang, Anda sudah memiliki disinfektan sendiri. Kini, saatnya Anda memasukkan cairan disinfektan ke dalam semprotan.

Nah, itulah cara membuat disinfektan sendiri di rumah. Mudah, bukan?

Cara Menggunakan Disinfektan yang Sesuai dengan Aturan

Setelah Anda memiliki cairan disinfektan, cara penyemprotan juga tidak boleh sembarangan. Misalnya saja jangan menyemprotkan pada bagian kuilit manusia. Disinfektan ini seharusnya disemprotkan pada benda mati seperti kursi, meja, lemari, gagang pintu, dan lain sebagainya. Menyemprotkan disinfektan pada tubuh manusia sangatlah berbahaya.

Selain itu, penyemprotan juga tidak dianjurkan secara langsung dilakukan pada bagian yang kemungkinan terkontaminasi dengan virus. Pasalnya, ini bisa membuat virus beterbangan di udara. Bisa juga disinfektan disemprotkan pada kain lalu kain tersebut digunakan untuk mengelap bagian tertentu seperti gagang pintu.

Sebaiknya, setelah ruangan disemprot dengan disinfektan, penghuni tidak langsung masuk dan menggunakan ruangan tersebut. Apalagi jika ada yang sakit. Biarkan ruangan terbuka dan kosongkan untuk sementara waktu. Jika Anda tidak yakin, ada baiknya Anda meminta bantuan jasa penyemprotan disinfektan. Mereka sudah sangat profesional. Disinfektan yang digunakan pasti sudah sesuai dengan standar kesehatan.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *