Polisi Ungkap 30 Kasus dan Tangkap 37 Pengedar Narkoba di Bekasi

0
188
Polisi Ungkap 30 Kasus dan Tangkap 37 Pengedar Narkoba di Bekasi
Polisi Ungkap 30 Kasus dan Tangkap 37 Pengedar Narkoba di Bekasi

Satuan Reserse Kriminal, Polres Metro Bekasi Kota berhasil mengungkap kasus penyalahgunaan narkoba selama pelaksanaan Operasi Nila.

Pengungkapan pengedaran narkoba dilakukan di Bekasi Selatan, Medan Satria, Rawalumbu, Bekasi Timur, Bekasi Barat, Bekasi Utara, Pondok Melati dan Jati Samurna.

“Kita berhasil mengungkap 30 kasus, yaitu 19 diungkap polres dan 11 kasus diungkap polsek dengan total mengamankan 37 tersangka,” kata Wakapolres Metro Bekasi Kota, AKBP Wijonarko, Selasa (9/10/2018).

Dari penangkapan itu, polisi menyita barang bukti yakni sabu 561,44 gram, ganja 818,51 gram serta 7 butir pil ekstasi.

Wijonarko menuturkan, para pelaku diamankan dari tempat-tempat hiburan malam, kafe-kafe dan sejumlah tempat yang telah ditargetkan sebelumnya.

“Barang bukti dan para pelaku kita dapatkan dari pengembangan di beberapa wilayah dan di luar Kota Bekasi,” jelas dia.

Dalam Operasi Nila yang berlangsung dari 12 September sampai 26 September 2018 ini, pihaknya juga berhasil mengamankan pelaku NH, NS, dan AN yang telah ditargetnya sejak awal operasi.

Sejauh ini, lanjut Wijonarko dari hasil pemeriksaan 37 orang yang diamankan merupakan para pengguna aktif. “Sementara mereka pengguna, nanti dikembangkan apakah mereka terkait dengan pengedar apa tidak,” terang dia.

Atas perbuarannya, mereka dikenakan Pasal 111 ayat 1, 112 ayat 1, dan 114 ayat 1 dengan UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang penyalahgunaan narkoba dengan hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Dengan tertangkapnya 37 tersangka pengedar narkoba tersebut menunjukkan bahwa narkoba masih menjadi ancaman serius di masyarakat. Unutk itu diharapkan agar pihak kepolisian terus mendalami jaringan atau sindikat pengedar narkoba agar peredarannya dapat diminimalisir.