Polisi Ungkap Rencana Eks Dosen IPB yang Akan Menggagalkan Pelantikan Jokowi

Polisi Ungkap Rencana Eks Dosen IPB yang Akan Menggagalkan Pelantikan Jokowi
1.554 Views

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Suyudi Ario Seto mengungkapkan rencana mantan dosen IPB yang akan menggagalkan pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden RI.

Hal itu terungkap setelah Polisi menemukan 29 bom ikan bedaya ledak tinggi di kediaman dosen nonaktif Institut Pertanian Bogor (IPB) Abdul Basith. Bom itu diduga akan diledakan pada 28 September 2019.

Penyidik pun melakukan serangkaian pemeriksaan terhadap para tersangka.

Suyudi mengatakan dari pemeriksaan terhadap 9 tersangka yang mereka bekuk temasuk Abdul Basith, diketahui bahwa mereka berencana membuat kerusuhan di Jakarta dengan tujuan utama menggagalkan pelantikan presiden terpilih, Joko Widodo.

Saat aksi Mujahid 212, Abdul Basith dibantu 8 rekannya membawa misi menurunkan Jokowi sebagai presiden dengan isu karhutla dan revisi UU KPK.

“Mereka berencana meledakkan bom ikan berisi paku yang disiapkan, di sepanjang wilayah Grogol sampai dengan Roxy di Jakarta Barat,” katanya, Selasa (8/10/2019).

“Dan target utama atau tujuan akhirnya menggagalkan pelantikan Jokowi sebagai Presiden,” imbuh Suyudi.

Abdul Basith ditangkap polisi di rumahnya di kawasan Tangerang pada Jumat (27/9/2018).

Selain AB, polisi menangkap 8 tersangka lain, salah satunya pensiunan TNI AL Sony Santoso. Mereka saat ini ditahan di Mapolda Metro Jaya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan barang bukti yang disita dari rumah dosen IPB Abdul Basith di Tangerang, Sabtu (28/9/2019) lalu adalah bom ikan berisi paku.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *