Ratusan Warga Minang Tak Ingin Dievakuasi dan Pilih Menetap di Wamena

Ratusan Warga Minang Tak Ingin Dievakuasi dan Pilih Menetap di Wamena
2.100 Views

Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) yang juga anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Andre Rosiade, mengaku ratusan warga Minang masih ingin menetap di Wamena.

Hal itu disampaikan ketika bertemu dan melihat langsung kondisi para pengungsi di posko pengungsian warga Minang di Jalan Irian.

Ia pun meminta pemerintah terus menjamin keamanan warga pendatang yang ada di Wamena, Papua.

“Kita berkeliling Kota Wamena untuk melihat kondisi kota termasuk melihat kondisi kantor Bupati Jayawijaya yang terbakar. Kami juga berkunjung ke posko pengungsian warga Minang di Jalan Irian. Di posko itu kami bertemu dengan warga Minang. Ada 300 orang warga Minang tidak ingin dievakuasi, tetap ingin hidup dan melanjutkan usahanya di Wamena,” ungkap Andre kepada wartawan, Selasa (8/10/2019).

Saat ini lanjut Andre mengatakan, kondisi di Wamena mulai kondusif namun masih ada kasus kekerasan dan penjarahan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Menurutnya masih terdapat penambahan pasukan keamanan.

Ratusan warga Minangyang  memilih menetap di Wamena dikarenakan situasi sudah kondusif dan adanya jaminan keamanan dari aparat keamanan. Oleha karena itu, warga Minang yang dulu menetap di Wamena juga diharapkan kembali dan hidup bersama-sama dengan warga lokal secara rukun dan damai sebab kekacauan yang terjadi bukan ulah warga lokal namun kelompok separatis demi meneror warga selain orang asli Papua.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *