Rekayasa Lalu Lintas Berupa Pola 3:1 Atau Contra Flow, Atasi Macet Di Sejumlah Ruas Tol

0
443

Tak dapat dipungkiri, bahwa kemacetan disaat sebelum dan sesudah Hari Raya Idul Fitri akan dirasakan para pemudik. Meski demikian, itu bukan merupakan kendala yang tak dapat diselesaikan.

Arus mudik pada hari pertama Lebaran ternyata masih diramaikan pemudik, khususnya arah Jawa. Banyaknya pemudik ini mengakibatkan antrean panjang di Tol Cikampek dan Tol Cipali.

Banyaknya kendaraan yang keluar dari dalam tol menuju Pantura Brebes di simpang tiga Brexit, menjadikan arus lalu lintas di ruas Pantura mengalami kepadatan, khususnya dari arah Tegal. Hal ini disebabkan banyaknya warga yang pulang setelah melakukan silaturahmi.

Sebagai antisipasi, petugas melakukan rekayasa lalu lintas berupa pola 3:1 atau Contra flow dari Brexit menuju terminal Tegal.

Disebutkan, sebelumnya sempat terjadi antrian mengular hingga 3 Km di dalam tol namun hanya berlangsung sekitar satu jam saja. Setelah dilakukan skenario 3:1 maka antrian dapat teratasi, sehingga kendaraan dari dalam tol maupun di ruas Pantura kembali normal.

“Arus kendaraan dari Brexit maupun Pantura siang hari memang mengalami lonjakan, mayoritas masih dari pemudik dari Jakarta yang memilih pulang kampung usai sholat Ied,” kata Kapospam Brexit Iptu Umi Antum Farich.

Sebelumnya, PT Jasa Marga mencatat ratusan ribu kendaraan mudik meninggalkan Jakarta hingga menjelang Hari Idul Fitri kemarin, Sabtu, 24 Juni 2017. Setidaknya 922 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol Cikarang Utama.

Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 19 persen dari total lalu-lintas harian rata-rata (LHR) normal sebanyak 785 ribu kendaraan.

Pemerintah, bahkan telah berupaya dalam memberikan pelayanan terbaiknya untuk mengatasi kemacetan yang akan menimpa para pengendara.

Adapun itu, peningkatan volume kendaraan tiap tahunnya saat arus mudik Lebaran mengalami kenaikan cukup signifikan. Lembaga terkait pun telah melakukan perubahan-perubahan untuk mengatasi kemacetan. Salah satunya dengan menambah akses jalan, pelebaran jalan serta membuat jalan tol fungsional.

Namun, untuk sementara tol fungsional yang sekarang berubah status menjadi tol darurat saat ini tengah ditutup dan direncanakan hingga 27 Juni mendatang.

“Tol fungsional ditutup untuk perbaikan menghadapi arus balik nanti” lanjut Iptu Umi.

Sementara itu, hari pertama Idul Fitri di ruas Tol Jagorawi dari Cimanggis ke arah Cibubur mengalami kemacetan hingga 8 kilometer. Kemacetan itu karena padatnya volume kendaraan yang melintas.

“Dari Cimanggis Km 22 hingga ke arah Cibubur Km 14 padat. Kemudian dari Taman Mini Km 5 sampai Cawang Km 0 padat kembali,” papar call center Jasa Marga, Novi, Minggu (25/6/17).

Bagi masyarakat yang saat ini berada dalam perjalanan menuju ruas tol Jakarta-Cikampek atau sedang berada di lokasi dan membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai kondisi lalu lintas di wialayah itu bisa menghubungi layanan tol PT Jasa Marga di nomor 14080.

Selain itu, arus lalu lintas juga bisa dipantau lewat akun twitter @PTJASAMARGA atau @official_JSMR untuk informasi umum lainnya.