Resmi Kembali ke NKRI 4 Anggota OPM Akan Dibangunkan Rumah Program Pemerintah

0
67
Resmi Kembali ke NKRI 4 Anggota OPM Akan Dibangunkan Rumah Program Pemerintah

Empat anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) dari Organisasi Papua Merdeka (OPM), secara resmi kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Selasa (11/6/2019).

Kembalinya mereka yakni Talengga Gire Alias Weginus Gire, Piningga Gire (25 ), Tekiles Tabuni (30) dan Perengga (27) ke NKRI ini ditandai dengan upacara yang berlangsung di lapangan Roh Kudus Jalan Papua, Distrik Pagaleme, Kabupaten Puncak Jaya, Selasa pagi.

Adapun yang menjadi Inspektur upacara Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, sedangkan komandan upacara Kapten Czi Ferdian Nuary (Pasi Pers Kodim 1714/PJ).

Dalam upacara itu juga dihadiri Kapendam 17 Cenderawasih Kolonel Inf M Aidi, Wakil Bupati Puncak Jaya Denias Geley, Dandim 1714/PJ Ltk Inf Agus Sunaryo, Kapolres AKBP Ari Purwanto, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Para mantan anggota OPM itu mencium bendera Merah Putih sebagai tanda telah resmi kembali ke NKRI.

Kapendam 17 Cenderawasih Kolonel Inf M Aidi mengatakan, dalam rangkaian upacara tersebut ditandai dengan penyerahan sepucuk senjata api jenis Mouser No, senjata 323 R berserta tiga butir munisi kaliber 7.62 mm, yang menurut pengakuan Talengga, senjata tersebut adalah hasil rampasan pada saat aksi penyerangan Polsek Karubaga Kabupaten Tolikara pada 2013.

Selain itu, juga ditandai dengan penandatanganan surat ikrar kembali nya ke pangkuan NKRI Talengga Gire beserta tiga rekannya.

Upacara tersebut lanjut Aidi menyebut juga disaksikan ratusan warga masyarakat Mulya yang antusias menonton dari pinggir lapangan.

“Tujuan upacara ini adalah untuk mengumumkan kepada warga Kabupaten Puncak Jaya, bahwa pemerintah daerah telah secara resmi menerima mereka yang semula tergabung dalam KKB,” kata Aidi.

Hal ini juga untuk membantah isu hoaks yang mengatakan, bahwa informasi penyerahan diri anggota KKB ke NKRI adalah informasi bohong atau rekayasa.

Dan kini mereka telah kembali ke pangkuan NKRI selanjutnya akan menjalani kehidupan normal sebagai masyarakat biasa.

Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda menyatakan keempat mantan KKB ini akan diarahkan untuk mendapatkan pekerjaan yang disesuaikan dengan kemampuan dan tingkat pendidikannya.

Selain itu mereka juga akan dibangunkan rumah dari program pemerintah yaitu pembangunan rumah rakyat.

“Saya mengimbau yang masih bersebrangan dengan NKRI segera kembali kepangkuan NKRI, karena Papua sudah merdeka dalam bingkai NKRI,” ujar Yuni.

Sebelumnya, pada Sabtu (8/6/2019) Telangga Gire dan ketiga rekannya menyerahkan diri dan berikrar kembali ke pangkuan NKRI.

Telangga menyatakan kesetiaan kepada NKRI di hadapan Dandim 1714/PJ Letkol Inf Agus Sunaryo didampingi 25 anggotanya di Kampung Wurak, Distrik Illu Kabupaten Puncak Jaya.

Telangga merupakan mantan ajudan Goliat Tabuni, yang merupakan panglima tinggi OPM.