Satgas Yonif 328 DGH Mengamankan Enam Warga PNG yang Masuk Wilayah RI

Satgas Yonif 328 DGH Mengamankan Enam Warga PNG yang Masuk Wilayah RI
7 Views

Satgas Yonif 328 DGH mengamankan enam warga Papua Nugini (PNG) yang masuk ke wilayah RI tanpa memiliki dokumen keimigrasian.

Adapun nama-nama warga PNG tersebut yakni Nenci (45 Th), Stenli (20 Th), Jasinta (20 Th), Marta (16 Th), Linda (15 Th) dan Jokobeth (8 Th) yang menurut pengakuan mereka adalah warga Distrik Bewani PNG.

Dansatgas Pamtas Yonif PR 328 Kostrad, Mayor Inf Erwin Iswari,mengatakan bahwa di daerah Skofro Lama memang sering terjadi pelintas batas illegal yang sering memasuki wilayah Indonesia tanpa dilengkapi dokumen atau surat resmi.

“Jadi memang wilayah Skofro sering menjadi tempat pelintas batas ilegal yang masuk ke Indonesia tanpa prosedur resmi, sehingga dikhawatirkan akan dimanfaatkan untuk mengedarkan barang-barang illegal dan terlarang. Sehingga kami melakukan prosedur terhadap pelintas batas yang tidak memiliki surat/dokumen resmi,” ungkap Dansatgas.

Sebelumnya pada Minggu (3/2), lima orang diamankan di Pos Pikewi beserta 21 kg vanili. Baik vanili yang dibawa maupun kelima warga PNG itu tidak memiliki dokumen sehingga diproses lebih lanjut.

Erwin mengatakan, bila saat memasuki wilayah RI tanpa memiliki dokumen maka yang bersangkutan akan diserahkan ke pihak yang berwajib untuk diproses.

Saat ini, keenam WN PNG sudah diserahkan ke pihak imigrasi untuk diproses lebih lanjut.

Erwin pun meminta anggota yang bertugas di pos-pos sepanjang perbatasan tetap waspada karena sering kali dijadikan lintasan pengiriman barang-barang ilegal termasuk narkoba jenis ganja.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *