Sifat Asli Rocky Gerung Kembali Keluar Mengstigma Presiden Tidak Ngerti Pancasila Dikecam

Sifat Asli Rocky Gerung Kembali Keluar Mengstigma Presiden Tidak Ngerti Pancasila Dikecam
56 Views

Pernyataan kontroversial Rocky Gerung yang disebut menghina Presiden Jokowi karena dianggapnya tidak mengerti Pancasila direspons oleh netizen dengan menaikkan tagar #RockyGerungMenghinaPresiden yang trending kamis dinihari hingga pagi.

Pernyataan soal Jokowi yang tak paham Pancasila itu disampaikan Rocky dalam tayangan Indonesia Lawyers Club (ILC) di TV One. Rocky mulanya mengatakan bahwa Pancasila gagal sebagai ideologi.

“Pancasila itu sebagai ideologi gagal. Karena bertentangan sila-silanya. Saya pernah tulis risalah panjang lebar di Majalah Prisma dengan riset akademis yang kuat bahwa Pancasila itu bukan ideologi dalam pengertian akademik. Dalam diskurs akademis. Sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa, mengakui bahwa perbuatan manusia hanya bermakna kalau diorientasikan ke langit. Sila kedua Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. Apa dalilnya bahwa saya boleh berbuat baik tanpa menghadap langit, itu namanya humanisme tu. Lalu saya berbuat baik supaya masuk surga, artinya kemanusiaan saya itu palsu. Sila kelima Keadilan Sosial. Versi siapa? Liberalisme? Libertarianisme. Orang boleh isi sila kelima itu dengan marxisme, boleh saja. Diisi dengan Islamisme boleh saja. Karena tidak ada satu keterangan final tentang isi dari Keadilan Sosial itu,” kata Rocky seperti dilihat detikcom, Rabu (4/12/2019)

Polisi Pancasila atau Presiden juga gak ngerti Pancasila. Dia hafal tapi dia gak paham. Kalau dia paham dia gak berutang. Kalau dia paham, dia gak naikin BPJS. Kalau dia paham, dia gak melanggar UU lingkungan,” tambah Rocky Gerung.

Pernyataan Rocky Gerung tersebut terancam dilaporkan karena menyebut presiden tidak mengerti Pancasila.

“Melalui forum ini dan atas seizin pengurus (DPP PDIP) saya akan melaporkan bahwa Pak Gerung sudah menghina simbol negara,” ujar politikus PDI Perjuangan Junimart Girsang.

Selain Junimart Girsang, warganet juga turut memviralkan video Rocky Gerung yang menyebut presiden gak ngerti Pancasila. Mereka menyertakan tagar #RockyGerungMenghinaPresiden.

Banyak warganet yang geram dengan pernyataan Rocky lantaran dinilai telah menghina presiden dan ideologi negara.

“Tangkap Rocky Gerung dia menghina Pancasila dan juga presiden. Dia sekaligus menghina perjuangan para pahlawan berarti,” kata @dritjons.

“Manusia dengan kelainan jiwa itu sudah saatnya ditindak, sudah terlalu lama dia bebas mencuci otak masyarakat untuk membenci pemerintahan yang sah saat ini,” ungkap @n_alfah.

“RockyGerungMenghinaPresiden hanya menggonggong di ILC tanpa bertindak di lapangan,” ucap @rihmathdyh_.

Politikus PDIP lainnya Hendrawan Supratikno menilai imajinasi salah satu pendiri Setara Institut itu sudah liar dan substansinya dianggap kurang kontemplatif.

Ketua bidang Perekonomian DPP PDIP ini mengakui Rocky Gerung sebagai pemikir yang membangun antitesa terhadap arus utama.

“Namun bila dorongannya untuk mengukuhkan popularitas, buah pikirannya akan meninggalkan luka sosial, apalagi bila sifatnya sudah menghakimi,” ujar anggota Komisi XI DPR itu di Kompleks DPR, siang ini.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *