Spirit Jokowi-Ma’ruf Amin Adalah Mewujudkan Persatuan Nasional

0
198

Radarkontra – Presiden Joko Widodo akhirnya memilih Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Maruf Amin sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi dirinya dalam Pilpres 2019.

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo, pilihan Jokowi kepada KH. Ma’ruf Amin menjadi cawapres merupakan pilihan yang didasarkan pada sejumlah pertimbangan dan kesepakatan dari para partai koalisi.

“Pertama karena Jokowi ingin membuktikan komitmennya dalam menghargai peran ulama dan umat Islam,” jelas Karyono seperti dilansir dari JawaPos.com, Kamis (9/8).

Alasan lain yang membuat Jokowi memilih KH. Ma’ruf Amin membuktikan bahwa sosok Jokowi adalah seorang muslim sejati. “Pilihan pak Jokowi pada sosok KH. Ma’ruf Amin menggugurkan anggapan beberapa pihak yang mengatakan pemerintahan Jokowi memusuhi ulama,” kata dia.

Lebih jauh Karyono menilai bahwa Ma’aruf merupakan sosok ulama yang bisa diterima oleh semua kelompok Islam dan juga umat beragama lain. Sehingga pasangan Jokowi-ma’aruf Amin dinilai akan diterima dari berbagai kalangan.

“Karena spirit pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin adalah mewujudkan persatuan nasional,” ujarnya.

Dengan memilih  Ma’ruf Amin itu artinya Presiden Jokowi justru lebih komit menjalankan Ijtima Ulama daripada Prabowo Subianto. Dimana Prabowo memutuskan mengaet Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno untuk mendampinginya di Pilpres 2019.