Strategi Penanganan Terorisme di Bawah Komando Ma’ruf Amin

Strategi Penanganan Terorisme di Bawah Komando Ma'ruf Amin
542 Views

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengumpulkan Menteri Agama, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendidikan, dan Kepala BNPT bahas strategi penanganan terorisme.

Adapun hasil rapat disimpulkan bahwa, penanganan terorisme tak hanya bisa dilakukan lewat satu kementerian atau lembaga.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyatakan, perlu ada upaya preventif, kemudian upaya penegakan hukum,
yang bermuara pada kegiatan lintas sektoral yang bukan hanya satu.

“Misalnya satu kepolisian atau BNPT saja, tapi strategi pencegahannya melibatkan banyak sekali stakeholders, baik pemerintah, Kemendikbud, Kementerian Agama, kemudian Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Sosial, banyak sekali,” kata Tito di Kantor Wapres, Jakarta, Jumat (15/11/2019).

Karenanya, menurut Tito, butuh pihak yang bisa mengoordinasikan sejumlah kementerian dan lembaga untuk memberantas terorisme.

Tito menilai, Wapres Ma’ruf Amin merupakan sosok yang layak mengoordinasikan pemberantasan terorisme lantaran posisinya di atas semua kementerian dan lembaga.

Selain itu, Ma’ruf tambah Tito merupakan sosok ulama besar sehingga memiliki kapasitas untuk menangani masalah terorisme yang juga terkadang bersentuhan dengan agama.

“Ini kemudian kita sepakat di BNPT sebagai sentral utama tapi BNPT mengoordinasi harian dengan semua stakeholder, baik pemerintah maupun nonpemerintah, tetapi di bawah komando atau koordinasi langsung wapres,” ucapnya.

Masalah terorisme lanjut Tito lebih banyak berhubungan dengan masalah pemahaman.
“Pak wapres kita adalah ulama besar. Pak wapres saya kira lebih tepat yang ditunjuk oleh pak presiden,” kata dia.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *