Tips Merawat Alphard Agar Tetap Nyaman Dikendarai

Merawat Alphard
762 Views

Faktanya, permintaan akan sewa alphard cukup tinggi di masyarakat. Alasannya ialah kendaraan ini menawarkan sisi kemewahan dan kenyamanan. Dan sebagai wujud untuk meningkatkan pelayanan terbaik bagi penyewa, kendaraan tersebut harus selalu terawat.

Kondisi kendaraan yang terawat memungkinkan performanya tetap terjaga. Sisi kenyamanan yang menjadi kelebihan utamanya tetap terjaga. Jadi, tidak salah bila pemiliknya perlu mengupayakannya.

Lantas, apa saja perawatan yang perlu dilakukan? Berikut ini perawatan sederhana yang sebaiknya dirutinkan.

Perawatan Mesin

Kinerja kendaraan sangat bergantung pada mesin. Ketika mesin ini mengalami masalah, sudah pasti kendaraan akan kehilangan tenaga. Pada akhirnya, pengendara akan mengalami kekecewaan. Apalagi jika kendaraan tersebut disewa mahal dari tempat rental.

Sebagai upaya menjaga performa mesin, ada dua hal yang bisa dikerjakan. Pertama ialah rutin mengganti oli. Kedua adalah memanfaatkan bahan bakar yang sesuai.

Pergantian oli menjadi bentuk perawatan rutin. Oli berguna untuk menjaga komponen mesin. Tepatnya, meminimalkan gesekan dari komponen mesin yang bisa mengakibatkan kerusakan lebih parah.

Normalnya, pergantian oli ini sudah dijelaskan dalam buku panduan. Ketika sudah mencapai batas waktunya, segeralah untuk melakukan pergantian. Dengan begitu, komponen mesin Alphard tidak terlambat mendapatkan penanganan.

Sementara penggunaan bahan bakar memungkinkan kinerja pembakaran lebih stabil. Ketika pembakaran terjadi dengan baik, performa mesin akan semakin baik. Ini ditandai dengan terjaganya kekuatan mesin dalam melibas berbagai medan.

Bahan bakar terbaik untuk Alphard mengandung Oktan tinggi. Setidaknya, kandungannya sampai titik 92.

Pemeliharaan Ban Kendaraan

Memeriksa kondisi ban juga menjadi bagian perawatan sederhana. Tetapi, perawatan ini memberikan pengaruh luar biasa bagi kendaraan itu sendiri.

Diketahui bahwa ban yang baik dapat mendukung akselerasi sekaligus mempertahankan keseimbangan ketika dipacu di perjalanan. Kestabilan kendaraan membuat pengendara lebih nyaman dan aman.

Kuncinya ialah tetap menjaga tekanan ban sesuai rekomendasi. Selain itu, Anda perlu melakukan pergantian ban ketika memasuki masa pergantian. Karena jika tidak, ban ini bisa menjadi faktor pemicu selip dan sulit dikendalikan.

Perawatan Sistem Kelistrikan

Jenis perawatan lain yang tidak boleh diabaikan ialah kelistrikan. Sistem ini memiliki cakupan lebih luas. Jadi, Anda disarankan untuk selalu melakukan pengecekan.

Pemeriksaan ini bisa dimulai dari mengecek kondisi aki. Misalnya apakah masih bekerja sebagaimana mestinya atau sudah mengalami penurunan.

Apabila sudah menurun, usahakan untuk mengganti. Alasannya, aki ini menjadi komponen terpenting dalam menghidupkan mesin.

Kemudian, pastikan pula untuk memeriksa seluruh komponen dari kelistrikan kendaraan. Ini berkaitan dengan sistem penerangan, lampu indikator, fasilitas hiburan hingga pendingin kabin kendaraan.

Lakukan pemeriksaan secara berkala. Contohnya ialah dengan menghidupkannya setiap mau bepergian. Jika bermasalah, segera datang ke bengkel untuk memperbaikinya. Jika Anda selalu memeriksa setiap komponen secara rutin, kerusakan parah bisa diminimalkan.

Kendaraan yang mewah seperti ini akan selalu menjadi impian bagi seseorang, buat kalian yang ingin tampil mewah kalian bisa sewa alphard untuk merasakan sensasi kenyamanan berkendara yang diimpikan banyak orang.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *